Content View Hits : 139364

 Kampus Kampungkali

 

We have guests online

Mengenal Dunia Menulis Dan Pergoblogan

25NOVEMBER_SHORT2011

“Blog atau media menulis online bagi saya adalah laku yang sunyi, tidak silau akan materi, tidak silau akan pujian, berkarya demi sendiri dan memberi manfaat kepada orang lain. Menjadi seorang blogger adalah menghayati kehidupan dengan menulis, walau kadang niat menulis naik turun. Saya tidak akan menyesal memilih jalan sebagai seorang blogger, jalan yang saya tempuh ini luar biasa menyenangkan sehingga saya bertemu dengan anda. Saya mengabdi di Theresiana karena peran blogger-nya itu, ilmu IT dan komputer hanyalah pelengkap saya sebagai seorang blogger. Namun menjadi seorang blogger tidak perlu menjadi seorang IT, cukup anda bisa menulis, jadilah blogger, hari ini, anda pertama kali menjadi blogger, selamat ! anda siap berlaku yang sunyi, berkarya demi sendiri dan memberi manfaat kepada orang lain, terutama murid anda. Suatu saat murid anda akan bangga : "Guruku seorang blogger yang aktif menulis, banyak inspirasi yang dituangkan beliau di blognya. Guruku tidak gaptek, guruku tidak silau blognya tidak banyak komentar, namun beliau tetap berlaku sunyi, itulah guru tetap berkarya ditengah gempuran pekerjaan, luar biasa guruku“. Mimpikah ? TIDAK !"

Apa itu Blog ? blog merupakan singkatan dari web dan log, secara spesifik ada yang menyebut weblog. Lantas apa bedanya dengan website ? tidak ada bedanya, yang berbeda cuma fungsinya, website biasanya untuk media online yang statis, seperti website perbankan, kantor, toko online dan lain lain. Sedangkan weblog itu web yang bersifat dinamis, isinya bisa berubah tergantung kebutuhan bahkan perubahan itu bisa sedikit sedikit atau secara keseluruhan, kompas.com, detik.com adalah blog bukan website, bahkan website Theresiana adalah blog, namun secara spesifik saya menyebutnya Official Weblog. Jika merunut dalam bahasa Inggris, log merupakan catatan, jadi web – log merupakan website kumpulan catatan atau tulisan, dan kalangan pemakai berbasis weblog tersebut menyebutnya dengan satu kata yang simple “BLOG”. Istilah pergoblogan merupakan plesetan kegiatan yang berhubungan dengan blog. Dari kata go blog !

Blog adalah sarana penyampaian informasi berbasis e-learning yang paling simpel dan mudah, anda tidak perlu rumit belajar pemrograman, anda tidak perlu rumit belajar bagaimana membuat blog, anda cukup mendaftarkan saja ke wordpress.com atau blogspot.com dan anda bisa langsung menulis. Secara simple e-learning itu semacam metode, sebagai contoh, saya memegang handphone dan menerangkan kepada anda, handphone adalah alat elektronika, saya menerangkan bentuk hape, isinya, fiturnya dihadapan anda, ini bukan e-learning, walaupun saya menerangkan tentang pembelajaran berbasis elektronika. Namun jika saya menerangkan tentang handphone lewat media lain, misal blog dengan bentuk tulisan, video berbasis youtube, namun saya tidak terlibat aktif, anda saya minta menyimak lewat media online tentang hape tersebut, itu baru namanya e-learning.

Mengapa saya mengajak anda ikut training media online ? apa sih keuntungan blog, apakah tidak menyita waktu saya ? saya sudah sibuk, pekerjaan saya sudah banyak, ini apalagi, apalagi saya sudah tua, saya sudah tidak sanggup “ngangsu kawruh” lagi. Why not ? training ini sebagai sarana hiburan belaka, tidak usah tegang dalam training ini, saya membawa IT gaul, biar anda tidak salah gaul di dunia maya, agar tidak jenuh pada pembelajaran konvensional, tujuan kita adalah membiasakan diri, agar rekan rekan kita atau mungkin guru baru tidak kagok akan dinamika Theresiana yang sudah mengarah ke media online, saya katakan “mengarah”, belum berjalan, belum melangkahkan kaki kita. Tapi kita membuat arah terlebih dahulu. Kita bisa berjalan, merangkak pun bisa, tapi apakah punya arah ? nah ini yang perlu kita pikirkan, Jangan sampai kita salah arah, salah sasaran atau bahkan tersesat, secara pameo umum yang di kenal dalam online :

“Tersesat di dunia nyata adalah hal yang biasa, bisa kembali ke pangkal jalan namun tersesat di dunia maya adalah sangat berbahaya, bisa bisa kembali ke pangkal paha atau kesasar situs tidak bermoral”

Nah untuk ini, saya terpaksa membakar kemenyan untuk mencari sisi melik apa itu wordpress sehingga bisa kita manfaatkan untuk media pembelajaran, membuat materi sampai begadang segala, saya sudah senang ditengah gempuran pekerjaan yang luar biasa banyak.

Pertama tama tujuan training ini adalah membiasakan diri kita di media online, membiasakan diri kita terlibat dengan dunia yang tidak bisa kita ajak tatap mukasecara face to face, walaupun teknologi skype dan video telecomference sudah ada, namun kita menisbikan terlebih dahulu pemakaian kedua media komunikasi berbasis internet itu, tapi kita menggunakan media blog sebagai sarana komunikasi. Kita berhadapan dengan sebuah sistem yang hidup bernama internet. Kita berhadapan dengan blog yang mempunyai kesan : laku yang sunyi

( artikel ini merupakan prolog modul pelatihan blog tanggal 26 November 2011 di tulis oleh : Yohan Kusmintoro. Administrator IT Direktorat Theresiana Yayasan Bernardus )


Newer news items:
Older news items:

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH