Content View Hits : 139368

 Kampus Kampungkali

 

We have guests online

Sukseskan Program Theresiana Go Green

13SEPTEMBER_SHORT2011

Sekolah merupakan sebuah lembaga yang berkaitan langsung dengan pendidikan, namun pendidikan tidak sebatas berhubungan dengan buku dan pembelajaran namun juga membentuk karakter penghuninya, ibarat sebuah negara, sekolah merupakan harapan membentuk karakter warga negaranya, bangsa yang besar adalah bangsa yang mempunyai karakter yang dewasa dan bijak. Sehingga kesuksesan sebuah pendidikan menjadi sebuah tolok ukur kemapanan suatu sekolah. Sekolah juga merupakan sarana untuk mensukseskan program program yang berkaitan dengan pendidikan, riset, media informasi dan lain lain.

Untuk itu sekolah sekolah Theresiana akan digiatkan program “Theresiana Go Green”. Apa itu “Theresiana Go Green” ?. Theresiana Go Green adalah merupakan program sekolah Theresiana yang ramah lingkungan dan hemat energi, Theresiana Go Green tidak sebatas lingkungan yang hijau namun hemat energi dan lingkungan yang bersih.

Konsep pelaksanaan Theresiana Go Green ini bisa dilakukan dengan melakukan penghijaun atau penanaman pohon di lingkungan sekolah sekolah Theresiana baik dengan cara menggunakan pot atau membuat taman tersendiri. Dengan adanya program penghijaun ini suasana akan semakin membuat nyaman dalam proses pendidikan . Suasana yang teduh nan nyaman akan menumbuhkan imajinasi kita dalam berpikir. Tidak mungkin kita bisa berpikir kalau situasi panas semrawut.

Hemat Listrik Untuk Menghindari Pemadaman / Penyalaan Bergilir

Sudah saatnya kita melakukan penghematan listrik, adalah sikap yang bodoh jika kita berasumsi bahwa masih mampu membayar listrik sehingga mengabaikan penggunaan listrik, efisiensi penggunaan daya listrik sebenarnya tidak ada hubungan dengan kemampuan membayar listrik atau tidak, anda mematikan listrik sebulan tetap akan disuruh membayar beban. Tujuan program Go Green ini lebih kepada kesadaran kita akan kemampuan suplai listrik dari PLN. Jumlah penduduk bertambah, perumahan bertambah, kantor bertambah, otomatis beban PLN semakin berat untuk memenuhi kebutuhan daya listrik, dengan adanya efisiensi kita akan lebih besar mendapatkan peluang tidak terjadi pemadaman/penyalaan listrik secara bergilir baik di rumah atau di kantor. Jadi anda jangan mencak mencak ketika anda mendapatkan giliran pemadaman/penyalaan bergilir di rumah karena kemampuan daya PLN tidak cukup memenuhi.

Di Theresiana sendiri khususnya lingkungan STGS Kampung Kali ( STGS sekarang meliputi semua sekolah di kampung kali, bukan lingkup sempit program immresi ). Penggunaan daya komputer sungguh luar biasa, mencapai 50.000 watt dengan detail jumlah komputer 140 unit, jika masing masing satu unit komputer butuh daya 300 watt akan didapatkan 42.000 watt ditambah dengan jumlah printer serta keberadaan notebook dan netbook yang tidak terhitung jumlahnya . Ini daya yang besar. Adalah bodoh jika ada seorang guru masih mempunyai sikap yang tidak mendidik “Daya segitu terbilang kecil untuk kemampuan sekolah kita“. Efisiensi listrik tidak berhubungan dengan kemampuan kita membayar listrik atau tidak, ini merupakan sebuah bentuk sikap apakah kita bisa berhemat bagi kelangsungan bumi ini.

Jika merunut pada misi Yayasan Bernardus ayat 2a :

“Meningkatkan komitmen semua warga Theresiana dengan semangat 3P ( Positive Thinking, Positive Speaking dan Positive Action)”

Bersikap apriori terhadap program penghematan adalah tindakan tidak bijak dan tidak menganut arti dari guru ( digugu dan ditiru ), lingkungan kita adalah lingkungan pendidikan yang menganut "digugu dan ditiru" dan bukan menjadi “wagu tur saru, boros dan tidak mau perduli tentang efisiensi merupakan bagian dari “wagu tur saruitu sendiri. “Daya segitu terbilang kecil untuk kemampuan sekolah kita “ adalah sikap yang tidak bijak serta tidak mencerminkan kesadaran manusia berpendidikan.

Mengatur AC, lampu dan alat alat elektronika dengan cara dikontrol akan menjadi program yang paling baik dilaksanakan, walau dayanya kecil namun jika dikalikan jumlah lampu yang jumlahnya ribuan maka akan didapatkan daya yang besar. Non Multa Sed Multum, biarpun kecil berguna bagi yang besar, seperti Injil Lukas 16:10, ”Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar”.

Green Power Computing

Dalam dunia komputer dikenal dengan istilah Green Power Computing, sebuah gerakan yang sudah dilakukan oleh berbagai vendor hardware komputer untuk melakukan efisiensi daya, dengan adanya efisiensi daya ini penggunaan daya komputer yang sangat menyedot daya listrik bisa ditekan. Namun Green Power Computing ini juga kembali kepada kita sendiri. Contoh beberapa hardware yang mengusung Green Power Computing ditandai dengan label warna hijau. Efisiensi listrik di bidang komputer akan kita lakukan pemangkasan dengan cara mengurangi hardware komputer, terutama keberadaan CD ROM / DVD ROM / DVD RW akan kita pangkas dan dikeluarkan dari komputer. Jika kita mempunyai 140 unit komputer, sedangkan daya maksimal sebuah drive optik 30 watt, anda bisa menghitung sendiri berapa efisiensi yang kita dapatkan, namun jika anda masih berpikir sempit “Aaah itu tidak signifikan”. Itu kembali ke sikap anda yang tidak mau melakukan perubahan, anda hanya mau berjalan di tempat.

Bagaimana mungkin kita membuang drive optik yang kita butuhkan, beberapa program komputer membutuhkan drive optik untuk menjalankan programnya ? Hal ini bisa kita akali dengan program drive virtual, dengan adanya drive virtual pembuatan drive optik akan dilakukan dengan mengurangi kapasitas hardisk tanpa menambah daya. Untuk kebutuhan yang penting akan dibagikan DVD RW portable yang bisa dibongkar pasang melalui port USB.

Penggunaan efisiensi listrik juga tergantung perilaku memakai komputer dan internet, menjejalkan program program komputer tidak berguna merupakan tindakan yang menghabiskan resources komputer, jika resources komputer boros maka listrik pun boros, ada berbagai macam cara untuk mengurangi atau melakukan penghematan listrik di bidang komputer, jika unit sekolah kita ada yang mau mempelopori program Go Green maka unit akan mendapatkan penghargaan dari direktorat baik itu kemudahan dan fasilitas yang menunjang pembelajaran di sekolah.

Mari Kita Berhemat

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL