Content View Hits : 144654

 

 

 

 

 

 

We have guests online

Dunia Theresiana


Sekolah Theresiana memiliki banyak komunitas , baik dari dalam kota semarang maupun di luar kota semarang. Dari dalam kota semarang komunitas sekolah tersebar di 3 tempat yaitu kampung kali , Gadjah Mada dan Tanah mas. Komunitas – komunitas ini terdiri dar jenjang Playgroup, TK, SD, SMP ,SMA, SMK sampai dengan Akademi. Direktorat Sekolah Theresiana sesuai dengan Visinya berkomitmen untuk membentuk manusia baru yang utuh , unggul , dan bermartabat. Pengembangan sekolah Theresiana dilakukan secara menyeluruh karena Sekolah Theresiana sudah dipercaya oleh masyarakat dengan menyekolahkan putra – putrinya di sekolah Theresiana.

Kepercayaan yang tinggi dari mayarakat tentunya tidak boleh disia – siakan. Pengembangan ini meliputi pengembangan sarana prasarana,pengembangan program maupun pengembangan Sumber Daya Manusia. Di Kompleks Kampung kali sendiri meliputi komunitas Playgroup, TK,SD,SMP, SMA, SMK ( program Farmasi, Farmasi Industri ) serta Akademi. Di komplek Kampung kali lebih ditekankan pada STGS ( pembelajaran berbasis bahasa Inggris ) dan juga keunggulan dalam bidang olahraga Basket. Kompleks Gadjah Mada meliputi SMP, SMA , SMK ( Patiseri) dan Akademi. Di komplek ini Patiseri merupakan program studi yang tergolong masih baru yaitu bergerak di bidang pembuatan roti. Di Kompleks tanah Mas meliputi komunitas TK, SD, SMP , banyak program program menarik yang ditawarkan di komplek ini salah satunya adalah pendampingan siswa.

Direktorat Sekolah Theresiana bertekad agar sekolah Theresiana dalam kota Semarang bisa menjadi salah satu sekolah Unggulan di kota Semarang, dengan melakukan pengembangan – pengembangan SDM karena kunci dari keberhasilan ini adalah SDM. Dengan SDM yang handal disertai sarana yang tergolong lengkap maka Sekolah Theresiana sebagai sekolah unggulan dapat tercapai. Pengembangan SDM ini dimulai dengan adanya assessment guru ( bekerja sama dengan Universitas Sanata Darma ) sebagai bahan pemetaan keprofesionalan serta wawasan paedagogis. setelah assessment guru , diikuti oleh pelatihan pelatihan guru baik yang diselenggarakan oleh pihak Direktorat sekolah Theresiana maupun yang diselenggarakan diluar sekolah Theresiana.

Pelatihan –pelatihan yang sudah diselenggarakan Direktorat Sekolah Theresiana misalkan cooperative learning , pembuatan soal –soal Try out UN, pembinaan guru masa kerja dibawah 5 tahun , model pembelajaran CTL dan masih banyak pelatihan pelatihan pengembangam lainnya. Akhir – Akhir ini dari litbang membentuk jaringan guru bidang studi intra sekolah Theresiana yangdikhususkan untuk guru guru mata pelajaran UN komunitas SMP dan SMA tetapi dengan berjalannya waktu akan mengarah ke semua mata pelajaran lainnya di setiap komunitas yang ada di sekolah Theresiana .

Pada jaringan Intra ini diharapkan bapak / ibu guru bisa memadukan antara materi pelajaran dengan teknologi, pembuatan artikel edukatif , e-Learning dan e-Book, pembuatan modul/LKS, pembuatan alat peraga ,penemuan model pembelajaran baru dll. Dalam memadukan antara pembelajaran dan teknologi ini , pihak litbang dibantu serta didukung oleh Bagian Pendidikan Direktorat ( Bp Drs. Y Dwi Winarto , M.Kom ). Selain itu pihak Direktorat juga memberikan beasiswa kepada bapak/ibu guru yang terpilih untuk melanjutkan Studi S2.

Akhir kata “ Mari sekolah di sekolah Theresiana karena terdapat dunia di dalamnya” terima Kasih. ( Bernardus Anindyo – Litbang )