Content View Hits : 139362

 Kampus Kampungkali

 

We have guests online

Theresiana Senior High School Outdoor Learning

PDF
09NOVEMBER_SHORT2011

Bumi kita sedang dilanda krisis Global Warming. Perubahan cuaca yang tidak menentu serta bencana-bencana alam yang sering terjadi hampir di seluruh penjuru dunia, menandakan bahwa alam sedang murka oleh karena ulah manusia. Untuk itu dewasa ini pemerintah sedang giat-giatnya menggalakkan berbagai macam program untuk menanggulangi krisis Global Warming, diantaranya adalah dengan melakukan penghijauan atau yang sering dikenal dengan slogan “Go Green”.

SMA Theresiana 1 Semarang, tidak mau ketinggalan untuk ikut andil dalam mendukung program permerintah tersebut sehingga pada hari Sabtu, 5 November 2011, SMA Theresiana 1 Semarang mengadakan kegiatan Outdoor Learning di Lembah Hijau Multifarm (LHM), Karanganyar. Kegiatan ini diikuti oleh 198 siswa, 12 guru pendamping dan 1 native. Lembah Hijau Multifarm adalah suatu tempat yang memproduksi sayur organik, buah organik dan pupuk kompos. LHM sendiri memiliki luas tanah + 8 hektar sehingga sangat menarik untuk kegiatan outdoor learning.


Adapun kegiatan yang dilakukan oleh para siswa sangat bervariasi. Seluruh siswa diajarkan cara mengolah dan membuat pupuk kandang dan pupuk kompos, serta mengetahui bagaimana perawatan hewan ternak agar menghasilkan pupuk kandang yang baik. Bagi siswa kelas X, XI dan XII science , mereka diajarkan cara mencangkok yang benar serta teknik sambung mata pada tanaman, sedangkan untuk kelas sosial mereka diajak memanen kangkung dan memilah-milah yang pada akhirnya nanti dijual.


Setelah selesai beraktivitas, para siswa diajak menuju tempat istirahat yang sangat alami. Dengan beratapkan daun-daun pepohonan, siswa menyantap hidangan makan siang berupa olahan bakso dan sosis dari ikan patin. Sesuatu hal yang baru bagi mereka, karena biasanya bakso dan sosis yang mereka makan terbuat dari daging sapi. Tidak hanya itu, siswa pun diperbolehkan pula mencicipi es krim organic yang berasal dari susu sapi murni. Semoga pengalaman di lingkungan yang asri, hijau dan sejuk ini, dapat membawa makna bagi para siswa untuk mengurangi Global Warming yaitu dengan penghijauan dan merawat lingkungan di sekitar mereka.

* (Fransiska Linawati/STGS Senior High)


Newer news items:
Older news items:

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH