Content View Hits : 144661

 

 

 

 

 

 

We have guests online

Pengabdian Masyarakat Sanggar Anak Sadang

PDFPrintEmail
01AUGUST_SHORT2016
Written by
User Rating: / 0
PoorBest 

Akademi Analis Kesehatan Theresiana pada tanggal 30 Juli 2016 menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ke Sanggar Anak Sadang Bedono Kabupaten Semarang. AAK Theresaian memiliki komitmen serius dalam mewujudkan masyarakat sehat sebagaimana tertuang di salah satu visinya. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian program pendidikan kesehatan perseorangan yang dimiliki oleh Akademi Analis Kesehatan Theresiana yang merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan tinggi dan buah cerminan dari Core Value Sekolah Theresiana yaitu “peduli”.


Pengenalan kesehatan pada usia dini diharapkan akan membentuk kesadaran pentingnya untuk hidup sehat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pendidikan kebersihan perseorangan, yang dimulai sedini mungkin. Program yang digarap kali ini adalah Penyuluhan Dan Pelatihan Kesehatan : Personal Hygiene Di Sanggar Anak Sadang, Bedono, Kabupaten Semarang. Kegiatan ini meliputi Penyuluhan dan Pelatihan Kesehatan mengenai hygiene diri dan kesehatan gigi dan mulut.


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini digawangi oleh dari Dr. Materius Kristiyanto; Fransiska Ayuningtyas Widyastani, M.Sc. Apt; Anggraeni Sih Prabandari, M.Sc ; Elisa Rinihapsari, S,Si., M.Si.Med dan Siskaevia, M.Kes dengan Sasaran kegiatan adalah komunitas Sanggar Anak Sadang (SAS). Sanggar ini didirikan secara swadaya oleh warga dusun Sadang dengan pendampingan dari Paroki Santo Thomas Rasul Bedono sebagai tempat belajar non sekolah bagi anak-anak dusun tersebut. Delapan belas (18) anak usia pra-sekolah sampai SD tampak sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan kali ini.


Rangkaian kegiatan diawali dengan penyuluhan berupa ceramah ilmiah populer yang diselingi dengan permainan. Anak – anak diberikan penjelasan mengenai pentingnya menggosok gigi, bagaimana merawat gigi yang benar serta cara menggosok gigi yang benar dengan gerak dan lagu “Ayo Gosok Gigi”. Selain itu diberi informasi mengenai pentingnya mencuci tangan, akibat jika malas mencuci tangan, dan bagaimana cara mencuci tangan yang benar melalui gerak dan lagu “7 Langkah Mencuci Tangan”. Penyuluhan dilaksanakan selama 60 menit dengan metode ceramah menggunakan slide yang berisi gambar-gambar yang menarik bagi anak-anak serta praktik menggunakan peraga gigi. Antusiasme peserta dapat dilihat dari ketertarikan terhadap materi, umpan balik yang berjalan baik mengenai materi yang disajikan. Praktik cara menggosok gigi yang benar dan mencuci tangan dilakukan setelah penyuluhan dan tanya jawab. Praktik dilaksanakan di halaman Pendopo Sanggar Anak Sadang. Setiap anak mendapat 1 set alat menggosok gigi yang terdiri dari sikat gigi, pasta gigi, gelas, handuk dan sabun cuci tangan, selain itu setiap anak juga mendapatkan brosur cuci tangan dan gosok gigi.


Kegiatan ini mendapat tanggapan positif pula dari orang tua maupun pendamping anak–anak di sanggar. Pemberian informasi langsung dari praktisi, dalam hal ini tim dari Akademi Analis Kesehatan Theresiana tentunya akan lebih memudahkan orang tua maupun pendamping untuk memberikan pengertian dan mengingatkan putra–putrinya mengenai pentingnya merawat gigi secara rutin serta menjaga kebersihan diri.(FAW)

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH