Content View Hits : 144638

 

 

 

 

 

 

We have guests online

Kampung Jawa Theresiana Sumawana

PDFPrintEmail
17APRIL_SHORT2016
Written by
User Rating: / 0
PoorBest 

“Mentes sianaune, rumaket pasedulurane” (berhasil dalam belajar, akrab dalam persaudaraan) merupakan kegiatan Kampung Jawa di SMP Theresiana Sumoawana, Sabtu 16 April 2016. Dalam sambutannya, Bpk Adi Atmoko, kepala sekolah SMP Theresiana Sumawana menjelaskan bahwa Kampung Jawa merupakan wadah bagi para peserta didik untuk nguri-uri budaya Jawa.

Beberapa kegiatan Kampung Jawa meliputi: lomba macapat dhandhanggula, lomba tembang dolanan, lomba kaligrafi aksara jawa, bakti social dan pentas seni.  Peserta lomba datang dari beberapa siswa SD Negeri maupun Swasta di sekitar Sumawana.

Dalam sambutannya, Rm Kristiyanto, Pr., Direktur Direktorat Sekolah Theresiana menggarisbawahi pentingnya pendidikan karakter. Dewasa ini anak muda sudah mulai tidak tahu budaya Jawa, bahkan sudah mulai tidak bisa berbicara dengan bahasa Jawa. Padahal budaya Jawa dapat digunakan sebagai sarana pendidikan karakter yang sangat efektif dan efisien. Melalui budaya Jawa, bisa diajarkan sekaligus tata krama atau unggah-ungguh.

Selain kegiatan perlombaan, Kampung Jawa juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian dan stand pameran makanan tradisional Jawa.

Foto lainnya dapat dilihat https://www.facebook.com/agung.lestiono.1/media_set?set=a.10205307812766293.1073741843.1576977811&type=3&pnref=story

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH