Content View Hits : 144637

 

 

 

 

 

 

We have guests online

Cinta Lingkungan Dies Natalis Theresiana

PDFPrintEmail
02MAY_SHORT2016
Written by
User Rating: / 1
PoorBest 

“Mencintai Lingkungan” merupakan tema Dies Natalis Sekolah Theresiana yang diselenggarakan bertepatan dengan Hardiknas dan ulang tahun Kota Semarang 2 Mei 2016 di kampus Theresiana Schools, Kampungkali.  Mencintai lingkungan merupakan pesan Bapa Suci Fansiskus yang termuat dalam ensiklik Laudato Si.

Sekolah Theresiana merayakan Dies Natalis dengan berbagai kegiatan yang menyatakan kecintaan terhadap lingkungan hidup. Kegiatan tersebut diselenggarakan sesudah upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dimeriahkan dengan berpakaian adat.

Beberapa unit di Komunitas Kampungkali mengadakan kegiatan yang bernaneka ragam, namun temanya satu: mencintai lingkungan. Unit SD Theresiana 02 mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah dan kelas. Para guru membimbing peserta didik untuk membersikan halaman dan membenahi tanaman yang ada di taman. Sebagai wujud cinta pada lingkungan, para siswa SD juga mengadakan kegiatan menabur benih ikan di sungai Kanal Banjir Barat Semarang.

Sementara itu, Unit SMP Theresiana 01 dan Unit Direktorat membersikan sungai yang ada di samping kampus. Air sungai kelihatan kotor karena sungai dijadikan tempat untuk membuang sampah. Kami mengumulkan banyak sampah plastik, kayu, kain, botol, kayu dan sisa-sisa bangunan yang dibuang ke sungai. Sungai juga digunakan untuk membuang sisa-sisa makanan. Maka airnya kelihatan keruh dan bau.

Selain mengajari anak untuk tidak membuang sampah ke sungai, kami juga memasang tulisan-tulisan yang berisi ajakan untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai bukan menjadi tempat sampah tetapi menjadi taman yang indah dan bagus.

 

Unit SMA Theresiana 01 mempunyai cara tersendiri untuk menyatakan cinta pada lingkungan. Mereka mencabuti paku-paku pada pohon-pohon sepanjang jalan Kartini, Mayjen Sutoyo, sampai ke Pekunden dan sebagian jalan Gajah Mada. Pohon-pohon yang berada dekat traffic light menjadi pohon-pohon yang menderita karena ditemukan banyak paku menancap di sana. Para siswa dengan semangat mencabuti paku-paku tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhan pohon.

Acara ditutup dengan doa syukur, makan bersama dan potong tumpeng oleh Rm. M. Kristiyanto, Pr Direktur Direktorat Sekolah Theresiana. Sebelum makan bersama Fr. Paul mengajak berefleksi terhadap aksi yang baru saja dijalankan. “Ternyata membersihkan lingkungan itu tidak mudah dan bikin capek. Maka, kita harus menjaga lingkungan agar tetap bersih, jangan malah mengotori lingkungan”. Sesudah makan bersama para siswa diperkenankan untuk pulang.

Selamat Ulang Tahun Sekolah Theresiana, semakin berkembang dan semakin peduli dan cinta pada lingkungan. Proficiat. (RMK)

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH