Content View Hits : 139118

 Kampus Kampungkali

 

We have guests online

Pelatihan Flebotomi dengan Vacutainer Tube

PDFPrintEmail
14MAY_SHORT2016
Written by

AAK Theresiana baru-baru ini mengadakan kegiatan pelatihan flebotomi bagi mahasiswa semester akhir, yaitu pada hari Selasa, 3 Mei 2016 di kampus setempat. Kegiatan pelatihan dipandu oleh instruktur dari BD, yaitu perusahaan vacutainer tube terbesar di dunia.

Flebotomi merupakan proses kegiatan pengambilan darah pada tahapan pra analitik yang sangat memegang peran penting bagi kegiatan pemeriksaan laboratorium selanjutnya. Flebotomi diawali dengan tindakan berupa memasukkan jarum ke dalam pembuluh darah yang selama ini biasa dilakukan dengan alat suntik/syringe.

Dalam perkembangannya, penggunaan syringe sudah banyak ditinggalkan mengingat segi kepraktisan dan keamanannya, maka kegiatan flebotomi di banyak fasilitas kesehatan seperti laboratorium klinik dan rumah sakit lebih merekomendasikan menggunakan vacutainer tube. Setiap calon analis kesehatan sebagai tenaga yang bertanggung jawab terhadap proses pengambilan darah pasien dituntut untuk memiliki keterampilan dalam menggunakan vacutainer tube tersebut.

Pelatihan ini selain untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam penggunaan vacutainer tube juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing lulusan AAK Theresiana di dunia kerja dibandingkan lulusan dari perguruan tinggi lain, karena ketrampilan semacam ini masih cukup langka di kalangan calon analis kesehatan.

Akademi Analis Kesehatan Theresiana adalah institusi pendidikan pencetak tenaga analis kesehatan yang unggul, terampil dan kompeten, yang harus selalu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan.  Maka lulusannya harus mampu bersaing saat memasuki dunia kerja. Daya saing akan meningkat jika lulusan memiliki bekal ketrampilan khusus yang relevan dengan bidang kerjanya.  (ERH)

 

 

 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL