Content View Hits : 144640

 

 

 

 

 

 

We have guests online

AAK Theresiana Peduli HIV/AIDS

PDFPrintEmail
25APRIL_SHORT2016
Written by
User Rating: / 0
PoorBest 

“Memahami, Peduli dan Berbagi”, merupakan tajuk dari saresehan yang diselenggarakan oleh AAK Theresiana, 22 April 2016, di Kampus Theresiana Schools, jl Mayjend Sutoyo 69 Semarang.  Hadir sebagai pembicara, Manager  kasus TB HIV Balai Kesehatan Paru Masyarakat, ibu Upik Krisnawati SKM.

Dalam saresehan itu, ibu Upik menjelaskan bahwa HIV merupakan virus mematikan yang menyerang sel darah putih (limfosit) dan menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia.

Di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang,  kasus HIV/AIDS ini mengalami peningkatan setiap tahunnya dan paling banyak ditularkan melalui kontak seksual, yang bisa didapatkan dari seks bebas maupun menyimpang di kalangan anak muda, tidak sedikit juga karena penggunaan obat-obat terlarang.

Bersama dengan ibu Upik, hadir juga teman-teman dari Kelompok Dukungan Sebaya Arjuna Plus, yaitu Ragil, Ruli dan Ika. Mereka membagikan pengalaman mereka bergulat untuk mengatasi virus HIV.

 

Kepada para mahasiswa AAK dan SMK Theresiana Semarang, ibu Upik berpesan, “Penularan penyakit yang sangat cepat ini bisa dicegah dengan memiliki prinsip no sex before marriage. Lakukanlah pemeriksaan kesehatan lengkap sebelum memasuki jenjang pernikahan dan jauhi narkoba. Jagalah diri kita dan orang di sekitar kita dari perilaku yang dapat menjadi sarana penularan HIV”.

Modertor saresehan, ibu Siskaevia menyimpulkan bahwa yang tidak kalah penting adalah peduli dengan orang-orang yang terinfeksi, peduli dan bukan memberikan stigma negatif. Karena yang kita jauhi adalah penyakitnya dan bukan orangnya.

“Informasi-informasi ini bermanfaat bagi kita semua, mari bagikan kepada orang-orang di sekitar kita, kepada siapapun yang membutuhkan informasi ini”, ibu Siska mengajak untuk berbagi. (SK)

 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH